DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN PEMIKIRAN KHD

 


Visi Guru Penggerak adalah mewujudkan Capaian Merdeka Belajar yaitu Pelajar Pancasila

Tujuan pelajar pancasila :

Pelajar pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang dipilih : MANDIRI

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri yaitu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya

Elemen kunci dari mandiri

1.       Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi

2.       Regulasi diri

Profil belajar mandiri dipilih karena kemandirian seorang anak sebagai bekal life skil dalam menjalani hidupnya kelak , yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan dan masyarakat.

Kompetensi dasar Profil Pelajar Pancasila “MANDIRI”

1.       Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.       Menunjukkannya dengan reaksi wajar, mengenal kebutuhan keinginan dan minat diri

3.       Mengenal emosi diri

4.       Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

Indicator ketercapaian profil pelajar pancasila “MANDIRI”

1.       Dapat berperilaku mandiri (contoh : Menyelesaikan tugas dengan tuntas, memakai sepatu dan berpakaian sendiri, makan tidak disuapi, ….

2.       Mau bermain dengan semua teman, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, situasi, dan kondisi yang berbeda

3.       Dapat mengungkapkan perasaan sendiri ( penyebab senang, sedih dan kecewa )

4.       Dapat membuat karya sesuai idenya sendiri

Elaborasi dan pelaksanaan profil pelajar pancasila “MANDIRI”

1.       Membuat visi dan misi sekolah yang terkait dengan kemandirian siswa

2.       Membuat program yang tertuang dalam rencana kerja sekolah tentang karakter mandiri yang harus dcapai oleh setiap siswa

3.       Menanamkan kebiasaan mandiri pada siswa dalam kegiatan pembelajaran

4.       Memantau perkembangan pencapaian karakter mandiri disekolah maupun dirumah

Hal yang dilakukan untuk mencapai profil pelajar pancasila yang dipilih yaitu MANDIRI

1.       Menanamkan karakter mandiri pada diri peserta didik

2.       Mengarahkan peserta didik untuk dapat bertindak sebagai pemimpin dalam kegiatan

3.       Memberikan kepercayaan tinggi kepada peserta didik untuk dapat bertindak mandiri dengan pikirannya sendiri’

4.       Membuat buku penghubung dengan orang tua terkait pencapaian karakter mandiri di rumah

5.       Beri respon positif apapun hasil yang dicapai oleh peserta didik

 

Mengapa memilih profil pelajar pancasila “MANDIRI”?

Berdasarkan filosofi KHD bahwa peserta didik yang merdeka belajar adalah yang mamapu mengembangkan pemikirannya sendiri dan bertindak sesuai kodratnya sendiri, maka dalam hal ini anak didik harus mengembangkan karakter untuk mandiri, tidak bergantung kepada orang lain serta mampu mengatur diri sendiri. Oleh sebab itu profil pelajar mandiri merupakan hal yang menarik untuk diexplore secara terus menerus.

 

Bagaimana mencapai profil belajar mandiri

1.       Kerjasama dengan orangtua agar dapat mengajarkan peserta didik untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari dirumah secara mandiri (Pembiasaan mandiri dirumah)

2.       Kerjasama dengan rekan guru untuk memotivasi peserta didik untuk dapat percaya pada dirinya dalam melakukan kegiatan secara mandiri tanpa harus selalu bertanya

3.       Serta bersama rekan guru mengembangkan budaya Literasi untuk mengarahkan peserta didik untuk memahami dengan teliti terhadap semua petunjuk dan bacaan yang ada dibuku

Pihak yang terlibat  dan perannya

1.       Pemerintah sebagai penyusun kurikulum

2.       Kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan atas program-program sekolah

3.       Guru  sebagai pelaku yang akan memotivasi siswa untuk mencapai karakter siswa yang diinginkan yaitu mandiri

4.       Orang tua sebagai  pihak yang akan berkolaborasi dengan guru dan sekolah untuk memotivasi peserta didik dalam mencapai karakter mandiri yang diingin dicapai

5.       Masyarakat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya

Tidak ada komentar untuk "DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN PEMIKIRAN KHD"