MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 1 TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI



Tumbuhan merupakan salah satu sumber kehidupan penting di bumi. Selain memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga menyediakan berbagai macam sumber pangan yang diperlukan oleh manusia. Oleh karena itu, pada Bab 1 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 SD, kita akan mempelajari tentang tumbuhan sebagai sumber kehidupan di bumi.

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Proses ini terjadi ketika tumbuhan menangkap sinar matahari melalui daunnya, kemudian menggunakan sinar tersebut untuk membuat makanan berupa glukosa dan oksigen dari karbondioksida dan air.

Tumbuhan juga mempunyai berbagai macam bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Akar berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah. Batang berfungsi untuk menopang tubuh tumbuhan dan membawa air dan nutrisi dari akar ke daun. Daun berfungsi untuk menangkap sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Selain itu, tumbuhan juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Ada tumbuhan berbiji, seperti pohon mangga, pisang, dan jagung. Ada juga tumbuhan tidak berbiji, seperti paku-pakuan dan lumut.

Tumbuhan juga dapat digolongkan berdasarkan habitatnya, yaitu tumbuhan darat dan tumbuhan air. Tumbuhan darat biasanya hidup di tanah, seperti rumput, pohon, dan bunga. Sedangkan tumbuhan air hidup di air, seperti ganggang dan eceng gondok.

Kita juga perlu menjaga kelestarian tumbuhan di bumi. Kegiatan penebangan hutan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan menyebabkan berbagai macam masalah, seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian tumbuhan dengan cara menanam kembali pohon yang telah ditebang, mengurangi penggunaan kertas, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Demikianlah penjelasan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan di bumi. Dengan memahami materi ini, diharapkan kita dapat lebih menghargai dan menjaga kelestarian tumbuhan di bumi.

 

BERIKUT RANGKUMAN MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 1 TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KURIKULUM MERDEKA REVISI 2023


Tidak ada komentar untuk "MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 1 TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI "