MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 7 BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA

 


Bab 7 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 SD membahas tentang bagaimana mendapatkan semua kebutuhan kita. Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Namun, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia memerlukan sumber daya yang ada di sekitar kita.

Pertama-tama, manusia memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup. Makanan dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti hewan, tumbuhan, dan laut. Untuk mendapatkan makanan dari hewan, manusia dapat memelihara hewan ternak seperti sapi, ayam, dan kambing. Sedangkan untuk mendapatkan makanan dari tumbuhan, manusia dapat menanam berbagai jenis tanaman seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan. Di samping itu, manusia juga dapat memperoleh makanan dari laut, seperti ikan dan udang.

Selain makanan, manusia juga memerlukan pakaian untuk melindungi tubuh dari cuaca dan lingkungan sekitar. Pakaian dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti kapas, wol, dan sutra. Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, manusia dapat menanam kapas atau memelihara domba untuk mendapatkan wol. Selain itu, manusia juga dapat memperoleh bahan pakaian dari sumber daya alam lainnya, seperti kayu untuk batang pensil dan kertas.

Tempat tinggal juga merupakan kebutuhan dasar manusia. Manusia dapat membangun rumah dari berbagai bahan seperti kayu, batu bata, atau beton. Namun, untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut manusia memerlukan sumber daya alam seperti kayu, tanah liat, dan batu.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia perlu menjaga kelestarian sumber daya alam. Manusia harus dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan berkelanjutan agar tidak merusak alam dan keberlangsungan hidup manusia di masa depan. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan seperti plastik dan bahan kimia berbahaya.

Dalam menjaga kelestarian sumber daya alam, manusia juga perlu bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi lingkungan untuk menjaga lingkungan hidup. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kampanye untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan yang merusak lingkungan dan memperkenalkan cara-cara yang ramah lingkungan.

Dengan memahami bagaimana cara memenuhi kebutuhan kita, kita dapat lebih bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Kita juga dapat menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari dan dapat memenuhi kebutuhan manusia di masa depan.

 

BERIKUT RANGKUMAN MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 7 BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA KURIKULUM MERDEKA REVISI 2023

Tidak ada komentar untuk "MATERI IPAS KELAS 4 SD BAB 7 BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA"