DESKRIPSI PROJEK PADA ERAPOR KURIKULUM MERDEKA
DESKRIPSI PROJEK PADA ERAPOR KURIKULUM MERDEKA
Tema |
Contoh nama tema |
Deskripsi Projek |
Gaya Hidup Berkelanjutan |
Contoh kontekstualisasi tema: •
Jakarta: situasi banjir •
Kalimantan: hutan
sebagai paru-paru dunia •
Daerah pedesaan: pemanfaatan sampah organik |
Peserta
didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang,
terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Peserta didik
juga membangun kesadaran
untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis
keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan
kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya. |
Kearifan Lokal |
Contoh kontekstualisasi tema: •
Jawa Barat: sistem masyarakat di Kampung Naga •
Papua: sistem masyarakat di Lembah Baliem •
SMK tata kecantikan: eksplorasi seni pranata acara adat Jawa |
Peserta
didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi
budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta
perkembangannya. Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat
lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai di balik
kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat
diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka. |
Bhinneka Tunggal Ika |
Contoh kontekstualisasi tema: Menangkap isu-isu atau
masalah keberagaman di lingkungan sekitar dan mengeksplorasi pemecahannya
(contoh: kisah Bu Mondang di halaman 6). |
Peserta didik
mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun
dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Peserta didik juga mempelajari
perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif
menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik
dan kekerasan. |
Bangunlah Jiwa dan Raganya |
Contoh kontekstualisasi tema: •
Jenjang SMP/SMA dan setara: Mencari solusi untuk masalah cyber bullying yang marak di kalangan
remaja. •
Jenjang SMPLB/SMALB: Pengembangan kemandirian dalam merawat
diri dan menjaga kesehatan |
Peserta
didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan
mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Peserta didik melakukan
penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah
terkait kesejahteraan diri
(wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya. Mereka juga
menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi. |
Suara Demokrasi |
Contoh kontekstualisasi tema: Sistem musyawarah yang
dilakukan masyarakat adat tertentu untuk memilih kepala desa. |
Peserta
didik menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara
peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui
pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami
implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia
kerja. |
Rekayasa dan Teknologi |
Contoh kontekstualisasi
tema: Membuat desain inovatif sederhana yang
menerapkan teknologi untuk menjawab permasalahan di sekitar satuan pendidikan. |
Peserta didik melatih
daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk
berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya.
Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan
persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan
teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. |
Kewirausahaan |
Contoh kontekstualisasi
tema: Membuat produk dengan konten lokal yang
memiliki daya jual. |
Peserta didik
mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam
pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan,
sosial dan kesejahteraan masyarakat.
Melalui kegiatan ini, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan
ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa
depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta
siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas. |
Kebekerjaan |
Contoh kontekstualisasi
tema: •
Lampung: eksplorasi pengembangan serat
tekstil dari limbah daun nanas •
Kawasan industri sekitar Jakarta: budidaya
dan pengolahan tanaman lokal Betawi |
Peserta didik
menghubungkan berbagai pengetahuan yang telah dipahami dengan pengalaman
nyata di keseharian dan dunia kerja. Peserta didik membangun pemahaman
terhadap ketenagakerjaan, peluang kerja, serta kesiapan kerja untuk
meningkatkan kapabilitas yang sesuai dengan keahliannya, mengacu pada
kebutuhan dunia kerja terkini. Dalam projeknya, peserta didik juga akan mengasah
kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja.
|
Tidak ada komentar untuk "DESKRIPSI PROJEK PADA ERAPOR KURIKULUM MERDEKA"