TP ERAPOR SD KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 TP ERAPOR SD KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA




Aplikasi eRapor SD (e-Laporan Hasil Belajar Sekolah Dasar) adalah suatu sistem yang biasanya digunakan di sekolah-sekolah dasar untuk mencatat dan melaporkan hasil belajar siswa secara elektronik. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pengelolaan data, pemantauan kemajuan siswa, dan pelaporan kepada orang tua. Aplikasi erapor bisa di download lewat lamaan https://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Berikut Tujuan Pembelajaran (TP) yang kami gunakan dalam erapor kurikulum merdeka untuk kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka

Pendidikan Pancasila    

TP 1       menerapkan akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

TP 2       memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya

TP 3       memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila

TP 4       mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya

TP 5       memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya

TP 6       mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dan anggota keluarga

TP 7       merumuskan pendapat secara sistematis dan logis

TP 8       menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya

TP 9       mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar

TP 10    menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya

TP 11    memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya

TP 12    menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinekaan

             

Bahasa Indonesia          

TP 1       menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita

TP 2       mengucapkan kata-kata yang panjang

TP 3       mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan

TP 4       mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus

TP 5       menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan

TP 6       mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia

TP 7       menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas

TP 8       mencari informasi dan mempresentasikannya

TP 9       menulis dengan struktur argumentasi

TP 10    mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya

TP 11    menyampaikan petunjuk arah

TP 12    menulis teks dengan struktur deskripsi

TP 13    mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks

TP 14    berpartisipasi aktif dalam diskusi

TP 15    melakukan wawancara dan menuliskan laporannya

TP 16    menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan

             

Matematika     

TP 1       membaca bilangan cacah sampai 10.000

TP 2       menulis bilangan cacah sampai 10.000

TP 3       menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000

TP 4       membandingkan dua bilangan cacah sampai 10.000

TP 5       mengurutkan beberapa bilangan cacah sampai 10.000

TP 6       menyusun (komposisi) bilangan cacah sampai 10.000

TP 7       mengurai (dekomposisi) bilangan cacah sampai 10.000

TP 8       menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000

TP 9       menentukan hasil operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

TP 10    membandingkan dua pecahan dengan pembilang satu

TP 11    mengurutkan antar pecahan dengan pembilang satu

TP 12    membandingkan dua pecahan dengan penyebut yang sama

TP 13    mengurutkan antar pecahan dengan penyebut yang sama

TP 14    mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika

TP 15    menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan

TP 16    menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen

TP 17    mengidentifikasi pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

TP 18    mengembangkan pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

TP 19    mengidentifikasi pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

TP 20    mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial        

TP 1       mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya

TP 2       mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup

TP 3       membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan

TP 4       mengenali materi dan karakteristiknya

TP 5       mempelajari karakteristik wujud zat/materi

TP 6       mempelajari bagaimana perubahan wujud zat terjadi

TP 7       mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari

TP 8       memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari

TP 9       mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari

TP 10    membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari

             

Seni Rupa          

TP 1       mengenal teknik perspektif dalam seni rupa

TP 2       memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya

TP 3       merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya

TP 4       membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik

TP 5       memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur

TP 6       memahami bahan-bahan alami untuk membuat tekstur

TP 7       memahami teknik pembuatan tekstur

TP 8       merancang sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan teknik yang dipelajari

TP 9       membuat tekstur sesuai rancangan yang dibuat

TP 10    mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk dan fungsinya

TP 11    membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias

TP 12    membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana hati)

TP 13    menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya

TP 14    mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara

TP 15    mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara

TP 16    membuat ragam hias dekoratif secara sederhana

TP 17    mengenal dan memahami seni cetak; pengertian, jenis-jenis dan bahan

TP 18    bereksperimen seni cetak secara sederhana dari kentang dan ketela

             

PJOK

TP 1       menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pola gerak dasar lokomotor

TP 2       menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor

TP 3       menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif

TP 4       menjelaskan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam

             

             

Bahasa Inggris  

TP 1       mengekspresikan aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing

TP 2       membuat kalimat dengan menggunakan verb ing

TP 3       mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris

TP 4       menghitung benda dengan menggunakan angka 50-100 dalam bahasa Inggris

TP 5       mengidentifikasi preposisi dalam konteks ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah

TP 6       merespon pertanyaan serta berbicara tentang kegiatannya sehari-hari di rumah

TP 7       mampu menyebutkan benda–benda di dalam ruangan dengan baik dan lancar

TP 8       menulis kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan

TP 9       mengenal benda-benda di dapur dan di kamar mandi

TP 10    merespon pertanyaan tentang pertanyaan tentang aktifitas di ruangan

             

             

PAIBP  

TP 1       Membaca, menulis, Menjelaskan dan menghafal serta membuat  paparan yang  berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.

TP 2       Menjelaskan arti Asmaul Husna.

TP 3       Mendeskripsikan keragaman agar Saling Mengenal, menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain Islam.

TP 4       Menyebutkan tanda-tanda usia balig.

TP 5       Menceritakan kisah peristiwa hijrah Nabi ke Madinah

TP 6       Membaca Q.S.At-Tīn dengan tartil

TP 7       Menjelaskan arti iman kepada Rasul, menyebutkan sifat-sifat Rasul, dapat membuat karya poster tentang keteladanan sifat rasul.

TP 8       Menjelasakan makna salam, sikap senang menolong orang lain, ciri-ciri munafk.

TP 9       Menjelaskan ketentuan dan tata cara salat Jumat, salat duha dan salat tahajud,

TP 10    Menceritakan kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah.

 

 

SENI MUSIK      

TP 1       mengasah kemampuannya mendengar dan mengenali berbagai bunyi yang ada di lingkungan sekitar

TP 2       mengenali berbagai jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya

TP 3       mengenali jenis alat musik berdasarkan bunyi yang dihasilkan

TP 4       mengimajinasikan dan mengkorelasikan bunyi-bunyi yang ada di lingkungan sekitar dengan jenis alat musiknya

TP 5       memahami pola irama sederhana not penuh, setengah, seperempat, dan seperdelapan

TP 6       mengasah kemampuan musikalitasnya dengan menirukan pola irama sederhana

TP 7       mengidentifikasikan macam-macam alat musik ritmis

TP 8       memainkan salah satu alat musik ritmis berdasarkan preferensinya

TP 9       memahami tinggi rendah nada

TP 10    memahami perbedaan bunyi dari tangga nada diatonis

TP 11    bekerja sama dalam sebuah tim

TP 12    menggabungkan permainan alat musik ritmis dan melodis

TP 13    mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista ritmis

TP 14    membaca irama dengan baik pada partitur not angka

TP 15    mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista not angka

TP 16    melatih konsentrasinya melalui kegiatan primavista not angka

TP 17    memahami hubungan antarnada melalui pemahaman interval dan harmoni sederhana

TP 18    memahami perbedaan setiap nada berdasarkan intervalnya

TP 19    membaca not angka sesuai dengan solmisasinya pada materi lagu Padhang Wulan dan Ibu Kita Kartini

TP 20    memahami perbedaan setiap bunyi dari nada yang dinyanyikan

             

             

SENI TARI          

TP 1       memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup

TP 2       memperagakan gerak tari permainan tradisional, baik secara individu maupun kelompok


untuk TP Baha Sunda masih dalam tahap penulisan, jika sudah akan kami posting 

Tidak ada komentar untuk "TP ERAPOR SD KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA"