TP ERAPOR SD KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA
TP ERAPOR SD KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA
Aplikasi eRapor SD (e-Laporan Hasil Belajar Sekolah Dasar) adalah suatu sistem yang biasanya digunakan di sekolah-sekolah dasar untuk mencatat dan melaporkan hasil belajar siswa secara elektronik. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pengelolaan data, pemantauan kemajuan siswa, dan pelaporan kepada orang tua. Aplikasi erapor bisa di download lewat lamaan https://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Berikut Tujuan Pembelajaran (TP) yang kami gunakan dalam erapor kurikulum merdeka untuk kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka
Pendidikan
Pancasila
TP 1 menerapkan
akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
TP 2 memahami
makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya
TP 3 memberikan
contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
TP 4 mengklasifikasikan
norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya
TP 5 memberikan
contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya
TP 6 mengidentifikasi
hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dan anggota keluarga
TP 7 merumuskan
pendapat secara sistematis dan logis
TP 8 menganalisis
pelaksanaan musyawarah di lingkungannya
TP 9 mengenal
dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar
TP 10 menghargai
keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya
TP 11 memahami
contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya
TP 12 menyampaikan
contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinekaan
Bahasa Indonesia
TP 1 menjelaskan
permasalahan yang dihadapi tokoh cerita
TP 2 mengucapkan
kata-kata yang panjang
TP 3 mengenal
dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan
TP 4 mencari
arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus
TP 5 menjawab
pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan
TP 6 mengenali
dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia
TP 7 menyampaikan
pendapat dengan kalimat yang jelas
TP 8 mencari
informasi dan mempresentasikannya
TP 9 menulis
dengan struktur argumentasi
TP 10 mengenal
pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya
TP 11 menyampaikan
petunjuk arah
TP 12 menulis
teks dengan struktur deskripsi
TP 13 mengidentifikasi
ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks
TP 14 berpartisipasi
aktif dalam diskusi
TP 15 melakukan
wawancara dan menuliskan laporannya
TP 16 menggunakan
“ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan
Matematika
TP 1 membaca
bilangan cacah sampai 10.000
TP 2 menulis
bilangan cacah sampai 10.000
TP 3 menentukan
nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000
TP 4 membandingkan
dua bilangan cacah sampai 10.000
TP 5 mengurutkan
beberapa bilangan cacah sampai 10.000
TP 6 menyusun
(komposisi) bilangan cacah sampai 10.000
TP 7 mengurai
(dekomposisi) bilangan cacah sampai 10.000
TP 8 menentukan
hasil operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000
TP 9 menentukan
hasil operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000
TP 10 membandingkan
dua pecahan dengan pembilang satu
TP 11 mengurutkan
antar pecahan dengan pembilang satu
TP 12 membandingkan
dua pecahan dengan penyebut yang sama
TP 13 mengurutkan
antar pecahan dengan penyebut yang sama
TP 14 mengenali
pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika
TP 15 menyatakan
pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan
TP 16 menghubungkan
pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen
TP 17 mengidentifikasi
pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
TP 18 mengembangkan
pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
TP 19 mengidentifikasi
pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan pada
bilangan cacah sampai 100
TP 20 mengembangkan
pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan
pada bilangan cacah sampai 100
Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial
TP 1 mengidentifikasi
bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya
TP 2 mendeskripsikan
proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup
TP 3 membuat
simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan
TP 4 mengenali
materi dan karakteristiknya
TP 5 mempelajari
karakteristik wujud zat/materi
TP 6 mempelajari
bagaimana perubahan wujud zat terjadi
TP 7 mengidentifikasi
ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari
TP 8 memanfaatkan
gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan
sehari-hari
TP 9 mengidentifikasi
ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari
TP 10 membuat
simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat bantu sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
Seni Rupa
TP 1 mengenal
teknik perspektif dalam seni rupa
TP 2 memilih
dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya
TP 3 merancang
seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya
TP 4 membuat
satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik
TP 5 memahami
pengertian dan jenis-jenis tekstur
TP 6 memahami
bahan-bahan alami untuk membuat tekstur
TP 7 memahami
teknik pembuatan tekstur
TP 8 merancang
sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan teknik yang dipelajari
TP 9 membuat
tekstur sesuai rancangan yang dibuat
TP 10 mengidentifikasi
dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk dan fungsinya
TP 11 membangun
ide dan rancangan sebuah bendera hias
TP 12 membuat
bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana
hati)
TP 13 menjelaskan
tentang bendera hias ciptaannya
TP 14 mengenal
ragam hias dekoratif budaya Nusantara
TP 15 mengetahui
jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara
TP 16 membuat
ragam hias dekoratif secara sederhana
TP 17 mengenal
dan memahami seni cetak; pengertian, jenis-jenis dan bahan
TP 18 bereksperimen
seni cetak secara sederhana dari kentang dan ketela
PJOK
TP 1 menjelaskan
dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pola gerak dasar
lokomotor
TP 2 menjelaskan
dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor
TP 3 menjelaskan
dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif
TP 4 menjelaskan
dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam
Bahasa Inggris
TP 1 mengekspresikan
aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing
TP 2 membuat
kalimat dengan menggunakan verb ing
TP 3 mengidentifikasi
angka 50-100 dalam Bahasa Inggris
TP 4 menghitung
benda dengan menggunakan angka 50-100 dalam bahasa Inggris
TP 5 mengidentifikasi
preposisi dalam konteks ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah
TP 6 merespon
pertanyaan serta berbicara tentang kegiatannya sehari-hari di rumah
TP 7 mampu
menyebutkan benda–benda di dalam ruangan dengan baik dan lancar
TP 8 menulis
kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan
TP 9 mengenal
benda-benda di dapur dan di kamar mandi
TP 10 merespon
pertanyaan tentang pertanyaan tentang aktifitas di ruangan
PAIBP
TP 1 Membaca,
menulis, Menjelaskan dan menghafal serta membuat paparan yang
berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.
TP 2 Menjelaskan
arti Asmaul Husna.
TP 3 Mendeskripsikan
keragaman agar Saling Mengenal, menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam
dan Agama selain Islam.
TP 4 Menyebutkan
tanda-tanda usia balig.
TP 5 Menceritakan
kisah peristiwa hijrah Nabi ke Madinah
TP 6 Membaca
Q.S.At-Tīn dengan tartil
TP 7 Menjelaskan
arti iman kepada Rasul, menyebutkan sifat-sifat Rasul, dapat membuat karya
poster tentang keteladanan sifat rasul.
TP 8 Menjelasakan
makna salam, sikap senang menolong orang lain, ciri-ciri munafk.
TP 9 Menjelaskan
ketentuan dan tata cara salat Jumat, salat duha dan salat tahajud,
TP 10 Menceritakan
kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah.
SENI MUSIK
TP 1 mengasah
kemampuannya mendengar dan mengenali berbagai bunyi yang ada di lingkungan
sekitar
TP 2 mengenali
berbagai jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya
TP 3 mengenali
jenis alat musik berdasarkan bunyi yang dihasilkan
TP 4 mengimajinasikan
dan mengkorelasikan bunyi-bunyi yang ada di lingkungan sekitar dengan jenis
alat musiknya
TP 5 memahami
pola irama sederhana not penuh, setengah, seperempat, dan seperdelapan
TP 6 mengasah
kemampuan musikalitasnya dengan menirukan pola irama sederhana
TP 7 mengidentifikasikan
macam-macam alat musik ritmis
TP 8 memainkan
salah satu alat musik ritmis berdasarkan preferensinya
TP 9 memahami
tinggi rendah nada
TP 10 memahami
perbedaan bunyi dari tangga nada diatonis
TP 11 bekerja
sama dalam sebuah tim
TP 12 menggabungkan
permainan alat musik ritmis dan melodis
TP 13 mengasah
kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista ritmis
TP 14 membaca
irama dengan baik pada partitur not angka
TP 15 mengasah
kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista not angka
TP 16 melatih
konsentrasinya melalui kegiatan primavista not angka
TP 17 memahami
hubungan antarnada melalui pemahaman interval dan harmoni sederhana
TP 18 memahami
perbedaan setiap nada berdasarkan intervalnya
TP 19 membaca
not angka sesuai dengan solmisasinya pada materi lagu Padhang Wulan dan Ibu
Kita Kartini
TP 20 memahami
perbedaan setiap bunyi dari nada yang dinyanyikan
SENI TARI
TP 1 memperagakan
ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup
TP 2 memperagakan
gerak tari permainan tradisional, baik secara individu maupun kelompok
untuk TP Baha Sunda masih dalam tahap penulisan, jika sudah akan kami posting
Tidak ada komentar untuk "TP ERAPOR SD KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA"